Senin, 25 November 2013

Fitur Rancangan Diblog

Hai kawan semua..
 Apa kabar hari ini? Baik-baik saja bukan? Yup, seperti biasanya semoga diri kita selalu diberkahi dan dilindungi oleh Allah SWT.
 Sudah berapa lama kalian mengikuti weblog panduan belajar blog ini? Sudah lamakah? Lalu, apa ada info yang bermanfaat? Kalau ada yang bermanfaat, apakah sudah ada yang kalian terapkan? Yup, weblog ini akan terus dan terus berbagi apapun yang bisa dibagi-bagikan kepada kalian semua terutama dalam bidang dunia blogging.

 Berbicara untuk pembahasan pada hari ini kita akan membahas mengenai fitur rancangan dalam blogger. Apakah ini penting? Yup, bisa dikatakan jika ini merupakan dapurnya kita saat melakukan pengeditan tata letak untuk desain blog kita. Jadi, hal utama yang dibutuhkan untuk pengeditan di sini adalah kreativitas yang memadai guna menghasilkan desain blog yang menawan. Ok, tidak usah berpanjang-panjang lebar dan mari kita bahas bersama tentang penggunaan fitur rancangan blogger ini dengan seksama.



 Pertama, terlebih dahulu buka halaman blogger untuk log in ke dalamnya. Setelah masuk ke dalam akun blogger kita dan sampai pada halaman dasbor, klik tombol rancangan hingga kalian akan memasuki halaman edit tata letak seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini;



 Pada halaman di bawah ini kita akan disuguhi oleh desain tata letak blog kita. Pada dasarnya semua tata letak untuk masing-masing blog itu berbeda tergantung model template apa yang kita gunakan. Ada beberapa item yang perlu kita perhatikan dalam menggunakan dan memodifikasi tata letak blog ini, seperti halnya tambah gadget. Apa fungsi dari tambah gadget ini? Yup, seperti halnya namanya jika fitur ini memungkinkan kita untuk menambah widget bawaan blogger guna dimasukan dalam blog kita. Misal kita ingin menambahkan widget recent comment, popular post, recent post, feed, teks, label, dsb. Masing-masing widget memiliki kegunaan sendiri yang dapat kita pilih seseuai selera. Jika ingin menambahkan widget barunya, maka langsung saja klik tambah gadget hingga muncul tampilan seperti berikut;



 Pada halaman tersebut tampil beberapa widget dasar bawaan blogger, seperti;
Entri populer. Ini merupakan widget yang digunakan untuk menambahkan entri atau postingan populer ke dalam blog kita.
Statistik blog. Digunakan untuk menampilkan statistik dari blog kita. Biasanya yang akan ditampilkan adalah jumlah page views yang ada dalam blog kita. Apa itu page views? Page views merupakan jumlah total halaman postingan yang dibuka atau ditampilkan oleh pengunjung dalam blog kita.
Laman. Ini merupakan widget yang fungsinya untuk menambah halaman statis di blog kita. Ada tiga opsional peletakan dari laman ini dalam blog kita. Agar terlihat seperti profesional dan sebagai mana mestinya, ada baiknya jika kita memilih peletakan laman ini berada di bagian atas tepatnya dibawah judul blog dan di atas postingan kita.
Pengikut. Widget yang menampilkan daftar pembaca yang mengikuti blog kita dengan mendapatkan update postingan blog kita secara otomatis di dalam dasbor blog mereka.
Kotak penelusuran. Digunakan sebagai sarana untuk mencari postingan yang mengandung kata kunci seperti yang kita masukan dalam pencarian di kotak penelusuran tersebut.
HTML/Java script. Ini adalah widget yang nantinya akan kita gunakan untuk memasukan kode HTML yang menampilkan widget baru atas kode HTML yang kita masukan tersebut. Biasanya widget-widget baru dari pihak ketiga selalu memberikan kode HTML untuk menampilkan widgetnya ke dalam blog kita.
Teks. Digunakan untuk menampilkan pesan teks yang ingin kita sampaikan kepada para pengunjung blog kita.
Gambar. Ini adalah fitur widget yang akan menampilkan gambar ke dalam blog kita. Akan tetapi, jika ukuran gambar kita terlalu besar, maka akan disusutkan sebesar ukuran tertentu agar terlihat pas di dalam blog kita. Sarannya adalah jangan terlalu banyak menampilkan gambar di dalam blog kita karena akan membuat proses loading blog menjadi agak lama dan berat.
Tampilan slide. Ini memungkinkan adanya gambar slide yang akan ditampilkan ke dalam blog kita. Akan tetapi, sumber gambarnya tidak berasal dari komputer atau laptop kita, tetapi dari url di beberapa situs penyedia penyimpanan foto seperti flickr dan picassa atau serta dengan kunci yang kita masukan untuk mengidentifikasi gambarnya.
Baris video. Ini akan menampilkan video apa yang telah kita pilih untuk ditampilkan dari internet.
Polling. Ini merupakan semacam angket yang kita gunakan untuk mengajukan beberapa pertanyaan beserta opsi jawabannya kepada pembaca.
Daftar blog. Digunakan untuk menampilkan blog mana saja yang ingin kita ikuti perkembangannya. Setelah memasukan alamat blog tersebut, maka setiap ada postingan baru yang diterbitkan dari blog tersebuta akan langsung muncul di halaman blog milik kita.
Daftar link. Hampir sama dengan daftar blog, pada daftar link ini akan sama dengan menampilkan beberapa link favorit kita hanya saja masih tetap berupa link dan bukan menampilkan update postingan atau konten terbaru dari blog atau situs tersebut.
Daftar. Jika daftar, ini hanya akan menampilkan semacam daftar dari apa saja yang ingin kita tulis. Misalkan daftar agenda, daftar cita-cita, daftar masakan favorit, dsb.
Feed. Feed merupakan semacam widget yang nantinya juga akan menampilkan widget baru setelah kita memasukan url feed yang kita inginkan. Akan tetapi, letak perbedaannya di sini adalah sifat feed yang lebih pada widget untuk mendapat update dari sebuah blog. Seperti RSS, komentar terbaru, dsb.
Newsreel. Ini akan menampilkan berita terbaru seputar google di dalam blog kita.
Label. Dengan menggunakan label, maka semua postingan kita akan terkumpulkan menjadi beberapa item sesuai label yang telah ditentukan. Misal, kelompok postingan yang berlabel atau tentang cinta, musik, jalan-jalan, gadget, dsb.
Tautan berlangganan. Dengan memasang widget ini akan memudahkan pembaca untuk berlangganan postingan dan komentar ke dalam blog kita.
Logo. Ini akan menampilkan berbagai jenis logo blogger ke dalam blog.
Profil. Widget ini akan menampilkan profil atas akun blogger kita secara singkat di dalam blog.
Arsip blog. Menampilkan semua arsip atas postingan blog kita. Bisa dipilih apakah akan ditampilkan dalam satuan bulanan, mingguan, atau harian.
Header halaman. Ini akan menampilkan judul dan deskripsi blog kita.

 Yup, itulah beberapa fitur rancangan dasar yang dapat kita tambahkan ke dalam blog kita. Kita juga dapat menambahkan fitur lain dengan melihatnya pada menu unggulan, paling populer, dan gadget lainnya. Pada intinya adalah dalam setiap penambahan widget ini harus benar-benar sesuai dengan kebutuhan blog kita. Jangan terlalu banyak menampilkan banyak pernak-pernik yang nantinya bukannya mempercantik malah justru memperburuk tampilan desain blog dan membuat loading blog kita menjadi lama.

 Pada bagian selanjutnya untuk fitur rancangan dalam blogger ini adalah edit HTML seperti terlihat pada gambar di bawah ini;


Backup/restore template. Digunakan untuk mengubah template blog serta mendownload file template blog kita dalam file berekstensi .xml.
Edit template. Merupakan tempat untuk mengedit bagian-bagian blog kita yang ingin kita tambah atau kurangi. Untuk memulainya, jangan lupa terlebih dahulu untuk mencontreng kotak expand widget template. Jika kesulitan untuk menemukan kode HTMLnya, kita dapat melakukan pencarian kode tersebut dengan menekan tombol control  + F dalam keyboard kita. Setelah itu masukan kode HTML yang ingin kita cari dan kemudian tekan enter. Setelah selesai pengeditan jangan lupa untuk menyimpannya.

 Pada bagian selanjutnya adalah fitur perancangan template. Pada bagian ini kita akan mendesain sebuah template blog kita secara manual. Akan tetapi, biasanya proses pengerjaan di fitur ini agak lama karena masalah loading. Ada baiknya jika kita mencoba fitur ini tetapi masuk melalui situs draft.blogger.com. pada intinya sama saja dengan situs blogger.com, hanya saja pada situs tersebut kita akan lebih mudah dalam melakukan proses perancangan template guna mendesain sebuah template blog pribadi hasil buatan sendiri.

 Yup, itulah penjelasan singkat mengenai fitur rancangan dalam blogger untuk blog kita. Apabila ada yang masih belum jelas dapat ditanyakan pada komentar di bawah. Pada awalnya memang agak susah bagi kita untuk melakukan edit rancangan guna menghasikan tampilan yang baik. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu dan pengalaman kita berlatih maka hal itu pun akan semakin mudah untuk dilakukan dan sangat memungkinkan bagi kita untuk mendapatkan hasil edit rancangan yang bagus dan memuaskan.

 Selamat berkreasi dan berkarya kawan blogger semua..
 Salam blogger..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar